Selasa, 03 Maret 2020

Buku Cerita dan Aktivitas untuk Hari yang Seru

Warning: tulisan ini mengandung spoiler😁
Siang yang hujan, seseorang mengetuk pintu. Teriakan 'pakeeeettt' menggema. Dengan sigap, Abe membukakan pintu. Aku tidak belanja online apapun, oh, mungkin paketan titipan seperti biasanya. Ketika Pak Paket menyebut nama, kaget dong saya, karena biasanya Pak Suami tidak pernah menerima paketan atas namanya😁. Setelah mengucapkan terima kasih, kulihat nama pengirim di paketan itu. Langsung 'tring! Aha!' aku tahu ini isinya apa😁. Seketika itu pula ku kirimkan pesan ke Pak Suami, apakah paket itu boleh kubuka. Pak Suami pun mengizinkan. 

Dengan penuh semangat, dibantu Abe dan Adel, plastik pembungkusnya pun terkoyak sudah. Gambar warna-warni dengan visual menarik pun langsung menggoda Abe. Adel lebih tertarik pada bonus gantungan kunci dari bahan flanel berbentuk teddy bear berwarna fuschia. Ibun belum sempat menyentuh apapun, buku Cerita dan Aktivitas untuk Hari yang Seru karya LovRinz and Friends langsung dilahap Abe. Tunggu dulu, biasanya lho Abe tidak suka buku cerita non-komik. Mungkin karena ilustrasi karya Ferdinan Udiyanto ini menarik jadinya Abe berminat. Tidak sampai satu jam, Abe selesai membaca buku setebal 105 halaman itu. Meskipun kertasnya buram, tapi cetakan dan warna ilustrasinya jelas dan bagus. Kata Abe, dia paling suka cerita Pengemis dan Anak Berbaju Kumal. Buku itupun diserahkan kembali ke Ibun. Ibun penasaran dong kok tumben Abe minat baca buku non-komik. Ternyata buku terbitan LovRinz Publishing karya temanku Durroh Fuadin Kurniati dkk itu memang menarik untuk anak-anak.

Saya kasih spoilernya sedikit ya😁🙏. Dalam buku ini ada 28 judul cerita pendek anak-anak yang ditulis oleh 28 orang yang berbeda. Tidak perlu disebut satu-satu ya, sila kepoin sendiri saja, cus beli bukunya!👍. Dari 28 judul cerita itu, tidak hanya berisi cerita lho. Ada fakta menarik yang berhubungan dengan cerita di setiap akhir kisah. Jadi, selain menghibur, buku ini juga penuh pesan moral dan tambahan ilmu pengetahuan. Apa saja cerita di dalamnya? Baiklah, spoiler di mulai. Ibun tidak akan menyebutkan judulnya, jadi random saja biar yang sudah punya bukunya bisa cocoklogi sendiri😁. Ibun berani rekomen ini untuk guru SD/MI kelas kecil, guru TK dan PAUD yang selalu ada sesi cerita. Ada cerita tentang alat pertukangan, sekalian mengenalkan anak-anak pada alat-alat di rumah. Ada cerita kocheng Oren yang hits di jagat per-medsos-an, tapi bisa jadi cerita anak-anak lho. Penasaran kan? Ada kerjasama antara kerajaan es dan darat juga lho. Lalu, ada keluarga katak yang keras kepala. Pengemis dan Anak Kumal favoritnya Abe, Adik menjaga kue kakak, semut perenang, juga bangau yang tertipu. Ada juga fabel tentang hewan-hewan yang sombong, lebah pemberani, monyet tukang bully, kucing main petak umpet dan kupu berwajah burung hantu. Ada juga cerita penuh pesan tentang perlunya bangun pagi, anak yang kangen ayah, tentang orang gila, tentang bermain di tempat aman, serius ikut lomba, semua makhluk punya kelebihan masing-masing, juga tentang kemandirian. Kisah fantasi tentang pohon ajaib dan peri gigi juga ada lho. 

Lalu, karyanya Durroh yang mana? Baca sendiri aja yuk! Ini tulisan yang dari kalimat pertamanya saja sudah 'nyastra' lho, khas dirinya😁. Yang perlu diingat adalah, ini buku untuk anak-anak ya, jadi jangan berharap ada cerita yang berat dan gelap atau bahasa yang 'semlohai' ya. Karya untuk anak-anak ya begitu, ringan dan segar. Dan... Bonusnya... Ada lembar aktifitas di bagian belakang. Ada mewarnai, belajar sandi, puzzle kata-kata, TTS anak dan sebagainya. Asyik kan? Yuk kepoin bersama!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar